kawan-kawan

Selasa, 26 Agustus 2008

OneCAT, Mobil Berbahan Bakar Udara


Para insinyur id Inggris mengembangkan mobil bertenaga udara. Mereka berjanji dalam kurun waktu beberapa tahun mendatang, mobil air power-nya mulai masuk pasar. Mobil yang diklaim ramah lingkungan ini bertenaga angin atau "berbahan bakar" udara.

Para perancangnya memberi nama mobil berkapasitas lima tempat duduk ini, OneCAT. Body mobil dibangun dari fiber glass. Karenanya mobil ini hanya memiliki barat kosong 350 kg. Biaya rancang bangunnya pun relatif rendah, tidak lebih dari 2.500 poundsterling.

Yang membedakan dengan mobil ramah lingkungan lainnya (hybrid) adalah mobil ini tidak digerakkan listrik atau batteray. Melainkan udara bertekanan. Udara bertekanan ini berasal dari mesin kompresor yang disimpan dalam sebuah tangki fiber carbon. Tangki didesain menyatu dengan chasis.

Untuk mengisi penuh tangki udara itu hanya dibutuhkan watu tidak kurang dari tiga menit. Lebih cepat dibandingkan dengan mengisi batteray mobil meski lewat quick charge sekali pun. Volume penuh udara tangki mampu menjalankan kendaraan hingga empat jam.

Untuk menempuh perjalanan jauh, mobil ini dilengkapi booster berupa fuel burner yang akan membakar atau meledakkan udara. Ledakan ini akan mendorong pistons air bertekanan yang menggerakkan pistons. Fuel burner mampu bekerja baik untuk semua jenis minyak bakar.

"Saat dikendarai di dalam kota, mobil cukup digerakkan udara bertekanan. Fuel burner baru dipergunakan jika ke luar kota atau membutuhkan kecepatan tinggi,'' ' kata Gyu Negre, sang penemu yang berkebangsaan Prancis itu.

Negre yakin mobilnya ini akan banyak peminat. Mengingat lebih ramah lingkungan. Kondisi yang kini gencar dipersyaratkan di benua Eropa. "Para pembeli mobil ini adalah mereka yang sangat peduli lingkungan,' ungkapnya.

Riset dan pengembangan lebih lanjut dari program mobil dengan air power ini mendapat sokongan dari Tata Motors India. Menurut Negre hanya Tata Motors yang sangat antusias terhadap proyek ini.

Kompensasi yang didapat Tata, lanjutnya perusahaan berbasis di India ini memiliki hak untuk membuat dan memasarkan 0neCAT di India.

Hal utama yang masih menjadi pertanyaan utama dari mobil ini adalah segi keamanannya. Penumpang di kursi depan akan duduk dan mengendarai mobil di atas tangki udara bertekanan tinggi. Bagaimana jadinya jika tangki meledak?

Yang lain, bagaimana mobil ini nantinya akan lolos uji keamanan mengingat struktur bodinya terbangun dari fiber glass

Tidak ada komentar: