kawan-kawan

Selasa, 29 April 2008

jalan menuju kegagalan ala Sun Tzu


Dalam kitab the Art Of War Sun Tzu yang banyak digunakan dan relevan untuk menyikapi suatu permasalahan, ada 6 jalan menuju kegagalan yang bisa kita hindari. Jalan itu adalah :

1. Tidak berusaha memperkirakan kekuatan musuh
Maksudnya dalam menyikapi suatu masalah kita tidak memperhitungkan kekuatan dan kelemahan kita atau lawan kita, jadinya asal grubag grubug...dalam Alquran surat pertama saja kita sudah diperintahkan untuk Iqra'...Bacalah... inilah inti dari menyikapi setiap permasalahan.
2. Tidak adanya wibawa
Maksudnya wibawa disini adalah menjaga nama baik dan bisa menempatkan posisi sebagaimana mestinya, sehingga tidak acak-acakan dan sembrono. Wibawa tidak harus dengan kekerasan atau menakut-takuti orang lain. Perlu adanya seni dalam menjaga kewibawaan tersebut.
3. Latihan yang tidak sempurna
Maksudnya latihan tidak sempurna adalah ketidak siapan kita menghadapi permasalahan yang datang, sehingga kita menjadi gugup dan panik. Dengan demikian hilanglah semua potensi yang kita miliki...kegagalan siap menerkam...

4. Kemarahan yang tidak beralasan
Kemarahan timbul karena kita tidak bisa mengontrol emosi, perlu kesabaran ekstra untuk mengendalikannya. Pada saat kita marah atau bahkan marah yang tidak terkontrol, emosi kita akan meluap2 sehingga hilanglah penguasaan terhadap akal dan fikiran kita. Pada saat itu kita menjadi orang yang bodoh jika dinilai oleh orang lain, karena kemarahan kita yang tanpa sebab itu.. Coba apa yang anda rasakan jika dimarahi pimpinan atau orang tua dan kemarahannya itu tanpa alasan yang jelas? dalam hati kecil kita pasti akan menolaknya dan terkadang menganggap orang yang marah tadi "kurang waras" atau kita masa bodoh saja terhadap dia...

5. Kegagalan dalam melaksanakan disiplin
Ini yang paling berat untuk orang-orang seperti saya karena kebiasaan atau habit yang "tidak bagus". Dengan tidak adanya disiplin baik karena pemaksaan atau kesadaran, kegagalan akan siap menunggu. Disiplin bisa membangkitkan kekuatan yang luar biasa. Masih ingat kisahnya film "300" yang berlatar belakang perang Yunani melawan Persia kira2 3000 tahun yang lalu,dimana tentara Sparta yang berjumlah hanya 300 orang dengan kedisiplinannya bisa menahan ratusan ribu tentara Persia yang tercerai berai. Dan bagaimana bangsa Jepang sebagai bangsa paling disiplin di dunia bisa bangkit dari kehancuran pasca perang dunia II menjadi bangsa terdepan dalam teknologi.

6. Kegagalan dalam memanfaatkan prajurit pilihan
Maksudnya adalah hati-hati memilih orang yang ahli dibidangnya untuk tugas yang sesuai. Jika suatu pekerjaan diserahkan pada orang yang tidak ahli maka ditunggu saja kehancurannya..

Tidak ada komentar: